Skip to main content

Mengenal BitCoin, dan Cara Kerjanya.

Pengertian dan Sejarah BitCoin

BitCoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online. Jika ditanya bagaimanakah bentuk mata uang ini, yang jelas bentuknya bukan seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh sebuah bank dan bukan pula mata uang dari sebuah negara. Bentuk dari mata uang unik ini adalah hanya sebuah file layaknya file-file umum biasa.
File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tak sama satu dengan yang lain. Dan seperti file mp3 atau word yang Anda miliki di perangkat komputer Anda, file BitCoin juga dapat disimpan dalam komputer atau sebuah flash disk atau software yang dinamakan BitCoin Digital Wallet. Selain itu BitCoin juga dapat di simpan di jasa penyimpanan BitCoin di Internet yang berbentuk layaknya sosial cloud.
Menurut beberapa sumber, sejarah dari lahirnya BitCoin berawal pada tahun 2007. Seorang ahli komputer mencoba mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang sama sekali tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun. Orang itu bernama Satoshi Nakamoto. Pria asal jepang tersebut mengaku mengembangkan BitCoin selama 2 tahun dan mulai melepasnya di dunia internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar hingga saat ini.

Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Inilah pertanyaan yang seringkali menyebabkan kebingungan. Berikut penjelasan singkatnya!


Dasar untuk pengguna baru

Sebagai pengguna baru, Anda bisa langsung mulai menggunakan Bitcoin tanpa harus memahami detil teknisnya. Setelah Anda menginstal dompet Bitcoin di komputer atau ponsel, secara otomatis akan tercipta alamat Bitcoin pertama Anda dan Anda bisa membuat lebih banyak alamat lagi kapanpun Anda membutuhkan. Anda bisa memberikan alamat Bitcoin Anda kepada teman-teman Anda sehingga mereka bisa membayar Anda ataupun sebaliknya. Sangat mirip dengan cara kerja email, kecuali bahwa alamat Bitcoin hanya bisa digunakan sekali.

Bitcoin

Saldo - rantai-blok

Rantai-blok adalah sebuah catatan transaksi umum bersama di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi terkonfirmasi termasuk di dalam rantai-blok. Dengan demikian, dompet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan dan transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk dibelanjakan dengan bitcoin yang memang dimiliki oleh pengguna. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diberlakukan dengan kriptografi.

Transaksi - kunci pribadi

Sebuah transaksi adalah transfer nilai antara dompet Bitcoin yang termasuk di dalam rantai-blok. Dompet Bitcoin menyimpan bagian rahasia dari data yang disebut kunci pribadi, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar si pemilik dompet yang bertransaksi. Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan antara pengguna dan biasanya akan mulai dikonfirmasi oleh jaringan dalam waktu 10 menit, melalui proses yang disebut penambangan.

Memroses - penambangan

Penambangan merupakan sebuah sistem kesepakatan terdistribusi yang digunakan untuk mengonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkan mereka ke dalam rantai-blok. Penambangan menyusun urutan kronologis dalam rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer yang berbeda untuk menyetujui pada keadaan sistem. Untuk dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dibungkus dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi yang sangat ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan. Aturan tersebut untuk mencegah blok sebelumnya dimodifikasi karena akan membatalkan semua blok berikutnya. Penambangan juga seperti sebuah lotre yang kompetitif untuk mencegah setiap individu dengan mudahnya menambahkan blok baru secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Dengan demikian, tidak ada individu yang bisa mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti bagian dari rantai-blok untuk memutar balik transaksi mereka.

Pergi ke lubang kelinci

Ini adalah rangkuman yang sangat pendek dan singkat mengenai sistem Bitcoin. Jika Anda ingin rincian yang lebih jelas, Anda bisa membaca makalah aslinya yang menjelaskan rancangan sistem tersebut, membaca dokumentasi developerserta menjelajahi Bitcoin wiki.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Pasang WIFI Cuma Dari HP

Sebagai salah satu provider dengan jaringan terluas, IndiHome menawarkan layanannya dengan biaya yang terjangkau. Lantas, berapa biaya memasang WIFI IndiHome tersebut? Besaran biayanya tidaklah mencekik. Malahan, biayanya lebih ringan. Semuanya akan diakumulasikan dengan biaya paket yang dibeli oleh pelanggan dalam satu waktu. Ketika biayanya sudah clear, jaringan internet dinyalakan oleh provider. Pelanggan sudah bisa menikmati layanan sebagaimana mestinya. Cara pasang indihome (Wifi) di rumah, cukup dari hp.  Caranya : 1. Klik link -> https://myih.ch/sobat/RCAndyNu 2. Pilih paket yang diinginkan 3. Isi semua data yang diminta, seperti alamat dan koordinat rumah. 4. Tunggu di hubungi pihak indihome, dan pemasangan  5. Selesai tag : cara pasang wifi, indihome, paket indihome, pasang wifi, pasang indihome

Cara Login Wifi Id Gratis Tanpa Username

Semakin pesatnya pengguna internet di Indonesia kini Wifi Id menjadi layanan wifi terdepan diantara wifi lainnya, selain penggunaannya yang mudah wifi id juga merupakan jaringan tercepat. Segala kebutuhan dapat terselesaikan dengan hadirnya Wifi id. Dengan banyaknya pengguna Wifi Id harganya pun sangat mahal untuk membeli username dan password. Mulai dari harga 5000 per hari kini dikurangkan menjadi 5000 per 12 jam saja. Dan juga penghapusan harga 1000 per jam. Sudah lama tidak mengupdate tentang wifi id, pada postingan kali ini saya akan mecoba membagikan cara login wifi id terbaru tanpa username dan password. Hanya cukup dengan mendownload sebuah software anda dapat langsung berselancar di wifi id. Ada banyak cara login wifi id yang telah dipublish lainnya. Mungkin bagi saya ini adalah cara login wifi id terbaik yang pernah ada, tanpa harus susah memasukkan username dan password cukup hanya dengan software saja. Software yang dinamakan dengan wifi.id evolution R2  ini

Tempat Melacak Situs Palsu

Situs palsu atau web penipu sangat banyak kita jumpai akhir-akhir ini. Apalagi website belanja online yang sedang marak - marak nya bagi para netizen. Selain harganya yang murah belanja online pun tidak perlu repot-repot untuk ke toko nya cukup hanya dengan kita mengunjungi website nya saja. Website palsu biasanya saya melacak dengan situs Scamadviser.com untuk mengetahui website tersebut bisa dipercayai atau tidak. Dalam situs ini ada beberapa informasi yang ditampilkan kita cukup meletakkan url atau web yang ingin kita ketahui kebenarannya. Berikut langkah nya. 1. Buka situs www. scamadviser .com 2. Letakkanlah Url atau Website yang ingin anda lacak di sana 3. Klik Check it now 4. Lihat seberapa persenkah rating web tersebut. Jika 100 % maka website tersebut bisa dipastikan kebenarannya dan jika kurang dari 50 % web tersebut perlu diragukan. Untuk kepercayaan transaksi dengan web tersebut itu semua tergantung kepada Anda.